Kamis, 07 Mei 2015

Tugas Resume Jurnal "Media Instruksional Untuk Belajar dan Mengajar yang Efektif"



TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN ICT
RESUME “MEDIA INSTRUKSIONAL
 UNTUK BELAJAR DAN MENGAJAR YANG EFEKTIF
ADENIREGUN, Gbolahan Solomon
Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Ahmadu Bello, Zaria, Nigeria
mail2integrity@gmail.com

PENDAHULUAN
           Penggunaan multimedia saat ini semakin meluas, dalam suatu penelitian membuktikan bahwa seseorang akan mudah mengingat dari apa yang mereka lihat dan dengar. Multimedia kini telah menembus  dalam bidang pendidikan sebagai alat untuk mengajar dan belajar yang efektif. Dengan multimedia, komunikasi informasidapat dilakukan dengan cara yang lebih efektif dan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk memberikan informasi.

TINJAUAN PUSTAKA
           Multimedia didefinisikan sebagai kombinasi dari berbagai jenis media digital seperti teks, gambar, suara dan video, menjadi sebuah aplikasi interaktif multi-indera terpadu atau presentasi untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada audiens. Dengan kata lain, multimedia berarti "individu atau kelompok kecil yang menggunakan komputer untuk berinteraksi dengan informasi yang direpresentasikan dalam beberapa media, dengan berulang kali memilih apa yang harus dilihat dan didengar berikutnya oleh audiens "(Agnew, Kellerman dan Meyer, 1996). Kekuatan multimedia terletak pada kenyataan bahwa multimedia itu merupakan multi-indera,yang dapat merangsang banyak indera penonton. Multimedia juga bersifat interaktif, memungkinkan pengguna akhir aplikasi untuk dapat mengontrol konten (isi) dan arus informasi. Multimrdia telah memperkenalkan tentang perubahan penting dalam sistem pendidikan dan berdampak pada cara kita berkomunikasi kepada peserta didik (Neo dan Neo, 2000).

MULTIMEDIA DALAM PENDIDIKAN
           Multimedia dalam Pendidikan telah efektif digunakan dalam mengajar peserta didik berbagai subyek. Multimedia dapat mengubah cara kita berkomunikasi satu sama lain. Cara kita mengirimdan menerima pesan lebih efektif dilakukan dan dipahami lebih baik. Pengalaman multi-indera dapat dibuat untuk penonton (audiens), yang kemudian memunculkan sikap positif terhadap aplikasi (Neo dan Neo, 2001). Multimedia dapat memperoleh informasi yang cepat dan dalam retensi tinggi serta dalam waktu belajar yang lebih singkat (Ng dan Komiya, 2000).
Banyak jenis TIK yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar, serta dapat digunakan dalam pendidikan untuk tujuan yang berbeda. Misalnya, beberapa dari mereka membantu siswa dengan belajar, mereka dengan meningkatkan komunikasi antara mereka dan instruktur (Valasidou, Sidiropoulos, Hatzis dan Bousiou-Makridou, 2005).
           Menurut penelitian Simpson (1999) menemukan bahwa bahwa 64% dari pendidik guru ICT digunakan dalam produksi sumber daya tradisional transparansi overhead dan menggunakan paket pengolah kata standar; 27% menunjukkan bahwa mereka membuat penggunaan dan memiliki pengalaman berkomunikasi yang lebih kuat dan menggunakan perangkat lunak presentasi; 32% menggunakan perangkat lunak TIK ke dalam kuliah dan hanya 24% penggunaan terseut terbuat dari bahan sumber daya CDi. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa dalam pengiriman tutor, siswa jarang mendemonstrasikan pengalaman penggunaan ICT sebagai alat pengajaran, yaitu tutor jarang menggunakan model melalui praktek mereka sendiri. Namun, tutor waktu yang kurang untuk keterampilan praktek dan aksesibilitas terbatas beberapa fasilitas khusus, hal ini sebagai kendala faktor penggunaan TIK dalam mengajar.
           Penelitian telah menunjukkan bahwa, ada beberapa faktor yang menentukan penggunaan akademisi dan non-penggunaan teknologi baru untuk mengajar dan belajar di negara-negara maju dan ini termasuk dalam kebutuhan peserta didik, karakteristik dan pengalaman akademisi, teknologi tersedia, lingkungan di mana akademisi bekerja dan betapa berharganya mereka merasakan menggunakan teknologi untuk menjadi untuk mengajar siswa mereka (Spotts, 1999; Jager dan Lokman, 1999;

MEDIA INSTRUKSIONAL UNTUK MENGAJAR EFEKTIF DAN BELAJAR
Apa Itu Media Instruksional?
           Adegun (1997) mengatakan media pembelajaran adalah hal-hal yang dimaksudkan untuk membantu guru untuk mengajar lebih efektif dan memungkinkan siswa untuk belajar lebih mudah. Instruksional media pembawa informasi yang dirancang khusus untuk memenuhi tujuan dalam situasi belajar-mengajar. Media pembelajaran sangat penting dalam pengajaran bahasa, terutama bahasa asing, karena media pembelajaran memfasilitasi hubungan langsung antara suara dan simbol mereka dan kata-kata serta benda-benda yang mereka wakili. Media pembelajaran membantu untuk menggambarkan makna dari hal-hal karena berhubungan dengan bahan yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran-nya.

Jenis Media Pembelajaran
           Media pembelajaran menurut Mustapha et al. (2002) dan Azikiwe (2007) biasanya diklasifikasikan berdasarkan karakteristik mereka menunjukkan. Ada berbagai macam media pembelajaran yang dapat menguntungkan dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas bahasa kedua. Secara luas diklasifikasikan menjadi empat kelompok yaitu alat bantu visual, alat bantu audio-visual, audio bantu dan sumber daya (manusia dan material). Alat bantu visual adalah bahan sumber daya dan perangkat yang menarik indra penglihatan dan sentuhan serta indera penciuman. Alat tersebut antara lain:
a.   Alat bantu yang meliputi papan tulis dan perekat non-proyeksi.
b.  Alat bantu bergambar yang meliputi grafik dan gambar
c.   Mobil
d.  Alat bantu tiga dimensi
e.  Alat bantu Proyeksi yang meliputi film strip dan slide, dan slide proyektor
f.   Peralatan laboratorium, bahan kimia dan alat
g.  Buku-buku
           Sumber belajar yang termasuk dalam alat bantu audio-visual menarik bagi indra penglihatan, pendengarandan sentuhan. Alat tersebut antara lain Film baris suara, proyektor jalur suara, televisi dan video tape-perekam dan kaset. Alat bantu audio bahan ajar yang menarik bagi indra dengar dan sentuhan. Alat bantu audio antara lain catatan dan catatan pemain, kaset dan tape recorder, radio dan laboratorium bahasa. Sumber bisa menjadi manusia atau bahan. Sumber daya manusia termasuk guru, murid dan narasumber lain dalam masyarakat. Bahanmencakup semua benda-benda fisik yang telah disebutkan sebelumnya seperti papan tulis dan benda real seperti botol, ubi, cangkir, batu, sendok dan pisau.

Prinsip Mendasar dalam Membimbing Pemilihan Media Pembelajaran
           Guru bahasa Inggris bertanggung jawab untuk pemilihan yang tepat dari penggunaan media pembelajaran, berikut prinsip-prinsip dalam pemilihan media pembelajaran :
a.   Terkait dengan topik pelajaran;
b.  Harus memperhatikan usia dan tingkat kematangan dari peserta didik seperti pra-sekolah dan tingkat sekolah dasar;
c.   Sebelum digunakan dalam pembelajaran guru dapat memastikan segala sesuatu dari media tersebut adalah baik untuk proses pembelajaran; dan
d.  Akurat dalam konten dan dapat diterima di tempat lain untuk pelajaran yang sama.

Seleksi dan Penggunaan Media Pembelajaran
           Media pembelajaran memfasilitasi kegiatan belajar mengajar hingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Media pembelajaran juga tergantung pada kecukupan dan kesesuaian bahan jadi yang dipilih. Dan sumber belajar tidak dpat dipilih sembarangan (Azikiwe, 2007). Azikiwe (2007: 98) mengidentifikasi ada beberapa  pedoman untuk memilih bahan sumber daya yang digunakan untuk merancang media pembelajaran antara lain, ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan, kemudian harus dipertimbangkan bahwa media tersebut cukup bagi anggota kelas yang terlibat dalam kegiatan kelas. Selanjutnya, bahan mungkin memerlukan fasilitas khusus lainnya seperti perekam, socket, adaptor dan listrik sebelum mereka dapat digunakan.  Media pembelajaran yang akan dipilih harus relevan dengan tujuan serta target populasi (yaitu peserta didik) untuk siapa bahan yang akan digunakan.

Pengaruh Video pada Pengajaran Studi Perpustakaan Kalangan Mahasiswa
           Akpabio (2004) melihat video sebagai jendela potensial yang dapat mengekspos pikiran dan hati, banyak praktek-praktek yang modern dan konsep lingkungan, pencapaian pembelajaran jauh lebih banyak daripada pengajaran yang tradisional di kelas. Dia menyatakan lebih lanjut bahwa kaum muda dan anak-anak tertarik dengan film/video, hal ini dapat dimanfaatkan dalamsistem sekolah formal untuk mengajar/belajar supaya pembelajaran lebih hidup/aktif dan menghibur. Fatunmbi (2005) menyatakan bahwa suatu penelitian telah menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam proses belajar mengajar melalui penggunaan video. Menurut dia, video dapat digunakan untuk menyediakan pengalaman nyata hampir semua bidang pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan untuk mengulang informasi dan demonstrasi sebanyak mungkin, sehingga, belajar menjadi lebih mudah, realistis dan landasan untuk pelajar. Video juga dapat menyediakan cara yang murah dan cepat menyebarluaskan informasi pendidikan dan keterampilan praktis.

KESIMPULAN DAN SARAN
           Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa ketika video digunakan dalam mengajar, itu meningkatkan sikap positif peserta didik terhadap kursus. Juga mempengaruhi penampilan mereka secara positif.
Saran :
1) Setiap kegiatan belajar / mengajar harus selalu dilengkapi dengan media seperti video.
2)   Guru harus memiliki pelatihan yang baik pada penggunaan media.
3)   Media favorit siswa harus diselidiki dan digunakan untuk mengajar mereka.
4)   Pemerintah Harus menciptakan lebih banyak kesadaran melalui seminar / workshop tentang penggunaan Media.
5) Nigeria (federal) pemerintah seharusnya melihat hal/upaya Integrasi TIK di universitas sebagai suatu proyek untuk pembangunan di bidang pendidikan dan harus mendukung dengan mengalokasikan dan melepaskan dana yang cukup untuk berinvestasi dalam konektivitas internet besar, serta pembelian dan pemasangan infrastruktur ICT. Universitas juga harus memastikan aksesibilitas, ketersediaan dan keandalan fasilitas ICT sehingga setiap ruang kuliah dan staf kantor telah tersedia komputer yang dihubungkan ke Internet dan memiliki peralatan yang tepat untuk mengakses berbagai sumber daya elektronik.
6) Jika pemerintah tidak akan datang, manajemen universitas dapat meminta dana internal dan dana eksternal serta dukungan dari individu yang bersedia, dermawan dan organisasi internasional.
7)   Pemerintah juga dapat membantu dengan mengurangi tarif pada impor fasilitas ICT sehingga dosen dan lain-lain dapat membayar pembelian fasilitas ICT ini dan aksesoris karena harga akan turun.
8) Hal ini juga sedang direkomendasikan bahwa dosen Universitas mengikuti  serangkaian pelatihandan pengembangan keterampilan dalam penggunaan fasilitas teknologi tinggi ini. Mengintegrasikan penggunaan teknologi ke dalam kurikulum dengan cara terarah dan bermakna adalah salah satu dari banyak masalahmenghadapi dosen hari ini. Pelatihan ICT harus diberikan kepada dosen dan anggota lain dari staf di universitas pada integrasi teknologi dalam instruksi.
9)   Staf teknis ICT yang kompeten dan berpengalaman harus tersedia.

Diposting Oleh : ARUM MAWAR KINASIH / A510130139





0 komentar:

Posting Komentar

 

Learn and Play with APE Template by Ipietoon Cute Blog Design