Jumat, 19 Juni 2015

Alat Peraga "Diorama Ekosistem"



LAPORAN ALAT PERAGA EDUKATIF
“DIORAMA EKOSISTEM”


Dosen Pengampu : Nur Amalia, M.Teach
DISUSUN OLEH
KELOMPOK 2
1.    Ervin Alfianto                     (A510130137)
2.    Imam Heri Prasetyo            (A510130138)
3.    Arum Mawar Kinasih         (A510130139)
4.    Afifah Luhur Rahmawati   (A510130141)
5.    Dyah Ayu Sitoresmi           (A510130142)
6.    Rizki Widyawulandari        (A510130143)
KELAS IV-D

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2015


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas karunia dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan laporan Media Pembelajaran dan ICT tentang “Pembuatan Alat Peraga di SD”.
Penyusun juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terkait yang telah membantu penyusun dalam menyelesaikan makalah ini. Semoga kebaikan yang telah diberikan oleh semua pihak kepada penyusun menjadi amal sholeh yang senantiasa mendapat balasan dan kebaikan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Amin...
Penyusun menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman.








Hormat Kami

Penyusun


DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL ................................................................................       i
KATA PENGANTAR..................................................................................       ii
DAFTAR ISI.................................................................................................       iii
BAB I   PENDAHULUAN..........................................................................       1
A.  Latar Belakang............................................................................       1
B.  Maksud dan Tujuan....................................................................       2
C.  Target Siswa...............................................................................      2
D.  Kompetensi Dasar dan Materi....................................................       2
BAB II   CARA PEMBUATAN..................................................................       5
A.  Nama Alat Peraga.......................................................................       5
B.  Alat dan Bahan...........................................................................       5
C.  CaraPembuatan...........................................................................       5
BAB III CARA KERJA DAN IMPLEMENTASI .....................................       7
A.  Cara Kerja ..................................................................................       7
B.  Implementasi...............................................................................       7
BAB IV  EVALUASI..................................................................................      9
A.  Kelebihan dan Kekurangan Alat Peraga ....................................      9    
B.  Evaluasi Kerja Kelompok ..........................................................      9
LAMPIRAN-LAMPIRAN...........................................................................      10
A.  Lembar Kerja Siswa....................................................................      10
B.  Lampiran Foto............................................................................      11


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
            Media pembelajaran adalah hal-hal yang dimaksudkan untuk membantu guru untuk mengajar lebih efektif dan memungkinkan siswa untuk belajar lebih mudah. Di era globalisasi sekarang ini, perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju, berdampak dalam bidang kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam proses pembelajaran seorang guru harus mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Ketika mengajar guru dituntut tidak hanya terampil dalam berceramah memberi penjelasan kepada siswa, tetapi guru juga harus melibatkan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dari hal tersebut, saat mengajar guru harus mampu menarik perhatian siswa salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran.
            IPA merupakan mata pelajaran yang menyenangkan bagi siswa, karena materi pembelajaran IPA berkaitan dengan individu peserta didik serta lingkungan sekitar peserta didik. Tetapi jika pembelajaran IPA tidak disajikan secara menarik maka proses pembelajaran menjadi tidak menyenangkan dan membosankan. Dari hal tersebut, penyusun akan membuat suatu media pembelajaran untuk SD tentang materi ekosistem, dimana dengan media tersebut dapat membantu siswa dalam memahami tentang ekosistem dan komponen-komponen penuyusun ekosistem. Dengan media pembelajaran ini, diharapkan, proses pembelajaran IPA lebih menarik  karena materi tidak hanya disajikan dalam bentuk buku, atau disampaikan guru dengan ceramah. Media ini dibuat dalam bentuk aquarium, yang didalamnya terdapat komponen-komponen ekosistem. Jadi siswa dapat melihat bentuknya secara langsung, mengingat tahap perkembangan siswa SD yaitu operasional konkret merupakan tahap dimana siswa belajar dari benda-benda yang nyata (langsung).


B.  Maksud dan Tujuan
Alat Peraga ini dibuat bertujuan untuk :
1.    Membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran IPA khususnya materi tentang ekosistem.
2.    Memudahkan siswa dalam menerima materi pembelajaran karena siswa dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran, misalnya dapat mengamati langsung bentuk-bentuk ekosistem dan komponennya.
3.    Memperjelas materi yang diberikan oleh guru. Materi yang disampaikan guru tidak hanya dengan ceramah, tetapi disajikan bentuk-bentuk ekosisitem yang dapat diamati siswa secara langsung.
4.    Memberikan motivasi dan merangsang anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen dalam mengembangkan berbagai aspek perkembangannya, melalui kegiatan pembelajaran di kelas sesuai yang direncanakan guru. Dari media tersebut siswa juga dapat bereksperimen, misalnya mengelompokkan komponen-komponen yang termasuk dalam ekosistem tertentu.
5.    Memberikan kesenangan pada peserta didik ketika belajar. Dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga ini siswa juga dapat belajar sambil bermain, bermain sambil belajar. Hal ini akan membuat anak senang dan tidak bosan mengikuti kegiatan pembelajaran.

C.  Target Siswa
            Alat Peraga ini digunakan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar untuk kelas atas yaitu Kelas IV (Lima) semester II (dua).

D.  Kompetensi Dasar dan Materi
            Kompetensi dasar dan materi yang tercakup dalam media pembelajaran ini adalah sebagai berikut :
1.    Kompetensi Dasar
3.6    Mengenal jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem dilingkungan sekitar
Indikator:       
·      Mengidentifikasi komponen di dalam sebuah ekosistem
·      Menjelaskan beberapa jenis ekosistem
4.6a  Menyajikan hasil pengamatan untuk membentuk rantai makanan dan
jejaring makanan dari makhluk hidup di lingkungan sekitar yang terdiri dari karnivora, herbivora, dan omnivora
Indikator:
·      Melakukan pengamatan untuk mengidentifikasi komponen di dalam sebuah ekosistem
·      Membuat laporan singkat tentang jenis-jenis ekosistem dan cirinya
2.    Materi
a.    Pengertian Ekosistem
            Ekosistem adalah suatu proses yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya, terdapat komponen biotik (hidup) dan juga komponen abiotik (tidak hidup) dan kedua komponen tersebut saling mempengaruhi. Interaksi antara makhluk hidup dan tidak hidup ini akan membentuk suatu kesatuan dan keteraturan. Setiap komponen yang terlibat memiliki fungsinya masing-masing, dan selama tidak ada fungsi yang tergganggu maka keseimbangan dari ekosistem ini akan terus terjaga.
b.   Komponen Dalam Ekosistem
            Berdasarkan fungsi dan aspek penyusunannya, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua komponen, yaitu sebagai berikut:
·      Komponen Abiotik, yaitu komponen yang terdiri atas bahan-bahan tidak hidup (nonhayati), yang meliputi komponen fisik dan kimia, seperti tanah, air, matahari, udara, dan energi.
·      Ada 2 pembagian komponen biotik dalam suatu ekosistem, yaitu Organisme Autotrof dan Organisme Heterotrof.
Ø Organisme Autotrof adalah semua organisme yang mampu membuat atau mensintesis makanannya sendiri, berupa bahan organik dan bahan-bahan anorganik dengan bantuan energi matahari melalui proses fotosintesis.
Ø Organisme Heterotrof adalah semua organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri, akan tetapi memanfaatkan bahan-bahan organik dari organisme lainnya sebagai bahan makanannya.
c.    Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem
·      Individu merupakan satu makhluk hidup, contohnya seekor burung.
·      Populasi merupakan sekumpulan makhluk hidup yang menetap disuatu tempat dalam jangka waktu tertentu dan mampu berkembangbiak, contohnya sekumpulan semut.
·      Komunitas merupakan kumpulan dari populasi yang menempati daerah yang sama dalam waktu jangka waktu yang panjang.
·      Ekosistem merupakan kumpulan dari komunitas tadi yang melibatkan interaksi yang muantap antara makhluk hidup.
d.   Macam-Macam Ekosistem
Ada dua macam ekosistem yang terbentuk di bumi kita ini, yaitu
1)   Ekosistem alamiah
Ekosistem alami adalah ekosistem yang tercipta dengan sencirinya tanpa ada campur tangan dari manusia, oleh karena itu lah kita sebut sebagai ekosistem Alamiah. Contohnya adalah ekosistem laut dan sungai.
2)   Ekosistem Buatan
Ekosistem buatan merupakan yang terbentuk dengan adanya campur tangan manusia, Dibuat kebanyakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun keanekaragaman hayati di sini terbatas, karena bukan itu tujuan dari membuat ekosistem ini. Contohnya adalah sawah.


BAB II
CARA PEMBUATAN

A.   Nama Alat Peraga : Diorama Ekosistem
B.  Alat dan Bahan
Dalam pembuatan alat peraga aquarium ini, alat dan bahan yang dibuthkan adalah sebagai berikut :
1.    Alat
1.    Pensil
2.    Penggaris
3.    Gunting
4.    Cutter
5.    Jarum

2.    Bahan
1.     Kertas HVS
6.  Besi
11.  Plastik mika
2.    Kain flanel
7.  Lem Fox
12.  Lem UHU
3.  Benang wol
8.  Kardus
13.  Crayon
4.  Dakron
9.  Lakban
14.  Cotton Bath
5. Koran
10.  Styrofoam


C.  Cara Pembuatan
            Alat peraga ini terdapat dua tahap pembuatan yaitu pembuatan aquarium yang akan digunakan sebagai ekosistem, dan pembuatan isi aquarium terdiri dari bentuk-bentuk mkhluk hidup dan tak hidup sebagai komponen dari kosistem. Cara pembuatan tersebut akan dijelaskan sebagai berikut :
1.    Pembuatan Aquarium :
a.    Menyiapkan alat dan bahan seperti besi, kardus, lakban, lem fox, koran.
b.    Untuk membuat kerangka aquarium, besi yang telah disiapkan berukuran panjang 1m dan lebar 50cm. Kemudian disambung hingga membentuk kerangka balok, penyambungan dapat dilakukan dengan cara di las.
c.    Setelah kerangka aquarium jadi, pada bagian rusuk dilapisi dengan koran, yaitu dengan cara koran dipotong menjadi kecil-kecil, kemudian dililitkan pada setiap bagian kerangka aquarium. Untuk menempelkan kertas koran pada kerangka menggunakan lem fox.
d.   Pada bagian samping dan belakang, diberi kardus kemudian dilapisi dengan kertas koran.
e.    Pada bagian depan, dipasang plastik mika supaya dapat terlihat (transparan).
f.     Pada bagian dasar (bawah) aquarium, diberi kardus dan direkatkan dengan menggunakan lakban.
g.    Setelah kardus terpasang, kemudian diberi styrofoam sebagai dasar dari aquairum tersebut.
h.    Menghiasi dinding-dinding aquarium supaya bentuk aquarium lebih menarik.
i.      Dalam menghias aquarium terdapat dua bentuk ekosistem yaitu ekosistem laut dan ekosistem sawah.
2.    Pembuatan isi aquarium
            Isi aquarium tersebut terdiri dari komponen penyusun ekosistem seperti bentuk-bentuk hewan, tumbuhan maupun benda-benda yang tak hidup. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :
a.    Membuat pola gambar yang akan dibuat pada kertas HVS, misalnya membuat pola gambar ikan.
b.    Menggunting pola tersebut, kemudian menjiplak pola tersebut pada kain flanel.
c.    Setelah menjiplak pola, kemudian pola pada kain flanel digunting lalu dijahit dengan menggunakan jarum dan benang wol.
d.   Mengisi bentuk pola tesebut dengan menggunakan dakron.
e.    Selanjutnya, bentuk-bentuk yang telah dibuat dihias seperti diberi mata, sirip, dsb.



BAB III
CARA KERJA DAN IMPLEMENTASI

A.  Cara Kerja
            Alat peraga aquarium ini, dibuat untuk memudahkan guru mengajarkan materi tentang ekosistem. Alat peraga ini dibuat dalam dua bentuk eksosistem yaitu eksositem alami (laut) dan ekosistem buatan (sawah). Dari dua bentuk eksosistem tersebut, maka diharapkan siswa dapat melakukan pengamatan secara langsung, bereksplorasi, serta melakukan suatu penyelidikan hingga menemukan suatu penemuan/pengetahuan yang baru.

B.  Implementasi dalam Pembelajaran
            Dalam proses pembelajaran alat peraga diorama ekosistem ini dapat diimplementasikan untuk pembelajaran secara individu maupun kelompok. Untuk pembelajaran individu dapat dilakukan dengan guru memanggil siswa satu per satu ke depan kemudian di beri pertanyaan yang terkait dengan materi ekosistem, kemudian siswa dapat mengeksplor pengetahuannya melalui alat peraga tersebut. Selanjutnya, implentasi dalam pembelajaran secara kelompok yaitu guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) guru memberikan permasalahan atau problem dan kemudian peserta didik diminta untuk memecahkan permasalahan tersebut melalui pengamatan, ekplorasi, dan prosedur penelitian.
            Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning ada beberapa tahap yang dapat dilakukan guru yaitu: tahap orientasi kepada masalah, guru dapat memberi pertanyaan awal kepada siswa untuk merangsang siswa terhadap materi yang akan dipelajari, atau guru juga dapat mengajak siswa membaca teks bacaan terlebih dahulu. Misalnya guru dapat memberi pertanyaan tentang ekosistem. Tahap kedua yaitu tahap mengorganisasikan siswa dimana guru dapat membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Tahap berikutnya yaitu tahap membimbing penyelidikan, pada tahap ini siswa dapat melakukan pengamatan, penyelidikan mengenai masalah yang akan dipecahkan melalui alat peraga diorama ekosistem. Tahap selanjutnya yaitu tahap mengembangkan dan menyajikan hasil karya, pada tahap ini siswa dapat menyusun sebuah laporan tentang hasil penyelidikan yang telah dilakukan, dengan cara siswa saling berdiskusi antar anggota kelompok. Kemudian, pada tahap terakhir menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, yaitu guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi ekosistem, serta siswa dapat melakukan presentasi di depan kelas.



BAB IV
EVALUASI

A.  Kelebihan dan Kekurangan Alat Peraga
1.    Kelebihan :
a.    Alat peraga ini dapat bertahan lama, karena tebuat dari besi, dan kain flanel.
b.    Alat peraga ini dapat digunakan secara berulang-ulang. Karena terbuat dari bahan yang tahan lama sehingga dapat digunakan secara berulang-ulang ketika proses pembelajaran.
c.    Ukuran alat peraga cukup besar, sehingga memungkinkan peserta didik dalam satu kelas dapat melihat secara jelas.
d.   Dapat dipindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain.
2.    Kekurangan
a.    Ukuran alat peraga yang cukup besar, sehingga membutuhkan bantuan dari orang lain untuk mengangkat atau memindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain.
b.    Mebutuhkan keterampilan khusus untuk membuat alat peraga ini, seperti pada pembuatan isi aquarium harus terampil dalam menjahit.
c.    Membutuhkan dana yang cukup banyak.

B.  Evaluasi Kerja Kelompok
1.    Dalam mengerjakan tugas, sulit untuk mengatur jadwal/waktu kerja kelompok secara bersama-sama.
2.    Pembagian tugas kerja kelompok kurang sesuai dengan yang direncanakan.
3.    Kurangnya komunikasi antar anggota kelompok, sehingga dalam pengerjaan tekadang terjadi salah paham.





LAMPIRAN-LAMPIRAN
LEMBAR KERJA SISWA
Kelompok       :
Anggota          : 1.
                          2.
                          3.
                          4.
                          5.

PENGAMATAN EKOSISTEM
1.    Ekosistem yang diamati :.......................
2.    Tulis komponen biotik yang ditemukan pada ekosistem tersebut :
a.     
b.     
c.     
d.    
e.     
3.    Tulis komponen abiotik yang ditemukan pada ekosistem tersebut :
a.     
b.     
c.     
d.    
e.     
4.    Apa saja populasi kalian temukan dari ekosistem tersebut?



5.    Apa saja komunitas yang kalian temukan pada ekosistem tersebut?


 


LAMPIRAN FOTO
11638030_10203574980370202_560276729_n.jpg
Gambar Diorama Ekosistem
11358755_10203575042331751_748017985_n.jpg
Gambar Kerangka Aquarium
11358794_10203574999210673_499965744_n.jpg
Gambar bentuk-bentuk hewan
page.jpg
Gambar alat dan bahan
12.jpg
Gambar alat dan bahan
11301331_10203575046491855_1218818186_n.jpg
Gambar mahasiswa sedang menjahit pola

2 komentar:

 

Learn and Play with APE Template by Ipietoon Cute Blog Design